Agar Wasir Tidak Kambuh Lagi

Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini, yaitu Wasir atau Ambeien atau Hemoroid. Wasir atau ambeien memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Apapun jenis wasir atau ambeien (hemoroid), semuanya pasti membuat kita serba tidak nyaman. Rasanya gatal-gatal, nyeri atau sakit ketika buang air besar, dan ketika kita duduk dalam posisi bagaimanapun selalu tidak nyaman. 
 
Agar Wasir Tidak Kambuh, Agar Wasir Tidak Kambuh 1, Agar Wasir Tidak Kambuh 2, Agar Wasir Tidak Kambuh 3
commonsmedia.org

Dari hasil sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Amerika Serikat, ditemukan kenyataan bahwa 50%  orang dewasa pernah mengalami penderitaan yang diakibatkan oleh wasir ini, paling tidak pernah mengalaminya. Jika pernah mengalami sakitnya wasir, maka harapannya tentu tidak ingin penyakit tersebut menghampirinya (kambuh) lagi. Jika beberapa hal di bawah ini dilakukan, maka kemungkinan besarnya adalah kita akan jauh dari penyakit tersebut, alias tidak akan kambuh lagi. 9 hal tersebut adalah : 

1. Jangan Menahan BAB (buang air besar)

Kebiasaan menahan BAB terlalu sering akan mempunyai resiko amat besar kambuhnya kembali wasir atau ambeien. Kotoran yang terlalu lama mengendap di dalam usus, dapat menjadi keras dan mengering, yang kemudian akan menjadi susah untuk dikeluarkan. Jadi sangat dianjurkan  untuk menjadwal sebaik-baiknya waktu untuk BAB, apalagi jika akan melakukan perjalanan jauh. Ini memang kelihatan sepele, tapi jika kita melakukan hal kecil seperti ini membawa manfaat yang lebih besar bagi kesehatan kita selanjutnya.

2. Olah Raga Teratur

Olah raga adalah hal terbaik yang berdampak sangat positif bagi kesehatan tubuh kita pada umumnya. Dengan berolah raga, apalagi yang dilakukan secara teratur maka hemoroid atau wasir tidak akan kambuh lagi, karena olah raga dapat menjaga kekuatan dan kelenturan otot tubuh. Harvard Health menganjurkan 20 sampai 30 menit sehari latihan aerobik seperti jalan cepat sangat baik untuk merangsang otot perut dan membuat jadwal buang air besar menjadi lancar dan teratur.
Hasil sebuah penelitian yang telah dilakukan, para ahli menemukan fakta, hubungan erat antara kebersihan anus dan area genital sehabis buang air besar dengan kekambuhan wasir atau hemoroid.

3. Minum Air Yang Cukup

Kecukupan air merupakan hal yang sangat vital bagi tubuh kita. Kekurangan air dapat menimbulkan tidak hanya konstipasi tapi juga akan berakibat buruk bagi organ tubuh lainnya. Air mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan kita. Kecukupan air akan mencegah kita dari konstipasi.

4. Perbanyak Makan Serat

Serat yang cukup (25 – 30 gram/hari) akan membantu kita tidak terjangkit wasir. Serat ini mencegah wasir dengan cara yang sama seperti olah raga yaitu mencegah sembelit. Adapun makanan yang mempunyai serat tinggi seperti wortel, agar-agar, brokoli, kacang, biji-bijian dan buah-buahan.

5. Jauhi Makanan Penyebab Sembelit

Tidak mengkonsumsi makanan penyebab  sembelit juga sangat penting dilakukan agar wasir atau hemoroid tidak kambuh lagi, seperti makanan pedas, jeroan, junk food dan daging.

6. Tidak Konsumsi Obat Sembarangan

Contoh dalam hal ini adalah tidak  mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein, karena bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit

7. Tidak Duduk Atau Berdiri Dalam Waktu Lama

Usahakan untuk tidak duduk atau berdiri terlalu lama, lakukan keduanya seimbang. selingi

8. Jangan Mengangkat Beban Terlalu Berat

Dari hasil penelitian para ahli,  mengangkat beban yang terlalu berat akan menekan pembuluh darah di sekitar anus yang bisa menyebabkan hemoroid atau wasir. Jadi disarankan bagi yang suka berolah raga angkat beban, latihan yang bertahap adalah sangat penting.

9. Jauhi Garam Yang Berlebihan

Agar wasir tidak kambuh lagi juga perlu tidak mengkonsumsi makanan dengan garam yang berlebihan, karena dapat menyebabkan penyusutan cairan dalam tubuh, pembengkakan di pembuluh darah hingga dapat memperparah wasir atau ambeien.

sumber : inspiration.com
Agar Wasir Tidak Kambuh Lagi | Pintu Sehat21 | 5