Sawanan Atau Sawanen


Bagi orang Jawa asli tentu sudah akrab dengan kata sawanan atau sawanen. Apa itu sawan? Pengertian sawan sendiri sampai saat ini belum ada yang dapat memuaskan kita. Sawan sendiri sering identik dengan keadaan seseorang yang lesu, pinginnya tidur melulu, atau dada selalu terasa deg-degan.

Orang yang terkena sawan biasanya tahu kalau dirinya terkena sawan, ketika sudah periksa ke sana kemari tetapi tidak ada perubahan pada dirinya, yang akhirnya sampai kepada orang pintar (orang yang tahu barang tak terlihat),  bisa dukun, dukun bayi, paranormal atau kyai. Dan di sanalah orang tersebut mengetahui keadaan yang sebenarnya. Sawan sering kita dengar keberadaannya namun sulit sekali (atau bahkan tidak bisa) untuk dibuktikan.
Sawanan Atau Sawanen 1, Sawanan Atau Sawanen 2

Kasus sawanan atau sawanen yang paling sering terjadi adalah yang menimpa bayi (balita). Biasanya bayi yang terkena sawanen akan selalu rewel dan mudah sekali menangis (walaupun tidak selalu begitu) tanpa sebab yang jelas. Admin sendiri pernah mempunyai pengalaman anak kedua terkena penyakit koreng sekujur tubuhnya, sudah periksa ke ahli medis, berbagai macam obat dan salep dicoba namun tidak kunjung ada perubahan. Setelah mencoba membeli jamu di seorang Shin She di Kudus, diberi tahu kalau anakku tersebut terkena sawanan. Pengalaman tersebut dapat dibaca selengkapnya di sini.

Sawanan atau sawanen ada beberapa macam jenisnya. Yang paling sering terjadi adalah sawan mayit dan sawan manten. Menurut sumber lainnya yang pernah admin dengar ada juga sawan wedus (pengalaman sendiri), sawan angin,

Sawanan atau sawanen tidak bisa ditangani secara medis (pengobatan ala Barat). Jika sobat atau keluarga sobat mengalami seperti yang diceritakan di atas, tidak ada salahnya untuk bersilaturrohim kepada orang yang menurut sobat mempunyai kemampuan supernatural untuk meminta bantuan barokah do’anya. Kita tahu memang semua atas kehendak-Nya, tapi betapa banyak perkara yang kita tidak tahu bagaimana agar kehendak kita (do’a kita) bisa terkabulkan. Maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain, agar Tuhan memberikan kita kesembuhan.

Sawanan atau sawanen memang masih menjadi tanya, bagaimana sebenarnya ia bisa menjangkiti seseorang dan tidak menjangkiti orang lainnya, padahal dalam satu ruangan dan satu waktu. Sawanan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah tapi keberadaannya sering kita temukan (paling tidak di masyarakat Jawa tempat admin tinggal)

Artikel sawanan atau sawanen ini admin tulis, karena teman admin (dia tidak begitu percaya dengan hal-hal seperti ini) di deteksi oleh teman sekaligus guru admin sedang terkena sawan. Dia sejak Juli 2015 tidak bisa bekerja seperti biasanya. Sudah berobat kesana kemari, selalu dikasih vitamin karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hanya kecapekan perlu istirahat. Wallahu a’lam.

Artikel sawanan atau sawanen ini, tidak ada maksud untuk mempengaruhi para sobat pembaca blog ini, admin menghormati pendapat lainnya yang tidak sepaham. Tulisan ini hanya berbagi cerita yang admin pernah dengar baik secara langsung maupun tidak langsung. Wassalam.

Baca Juga : Ketika Anak Kita Sawanan
sumber : sawan.com
Sawanan Atau Sawanen | Pintu Sehat21 | 5

1 komentar:

  1. Artikel sawanan atau sawanen ini admin tulis, karena teman admin (dia tidak begitu percaya dengan hal-hal seperti ini) di deteksi oleh teman sekaligus guru admin sedang terkena sawan. Dia sejak Juli 2015 tidak bisa bekerja seperti biasanya. Sudah berobat kesana kemari, selalu dikasih vitamin karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hanya kecapekan perlu istirahat. Wallahu a’lam.


    Cuma'saran.. Itu mending di ruqyah..
    Itu bukan sawan..
    Penyakit itu juga bisa datang dr gangguan jin..

    BalasHapus