Waspadai Wasir Jika Anda Alami Gejala-Gejala Ini


Admin pernah mengalami gejala wasir, yang sangat mengganggu ketika akan beraktifitas khususnya yang banyak duduknya seperti pertemuan seminar, pengajian, atau meeting di lingkungan kantor tempat bekerja. Wasir adalah suatu gejala pembengkakan dan pelebaran yang terjadi pada pembuluh darah di daerah anus. Ada dua jenis wasir, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam adalah wasir yang tetap berada di dalam anus. Sedangkan wasir luar adalah wasir yang menonjol dan keluar dari anus.

Mengetahui gejala wasir sangatlah penting, untuk melakukan pencegahan dini timbulnya wasir ke fase lebih lanjut. Gejala-gejala wasir yang sering terjadi dan mudah untuk kita tengarai adalah:

  • Pendarahan pada anus, biasanya darah yang keluar adalah darah segar serta penderitanya tidak merasakan sakit

  • Terasa panas dan mengganjal setelah buang air besar

  • Terasa gatal, hal ini terjadi akibat dari rasa nyeri pada anus yang tidak bisa dibersihkan, kemudian virus inilah yang menimbulkan rasa gatal dan infeksi kulit akan terjadi dengan mudah.

  • Terasa panas dan tidak nyaman ketika duduk

Waspadai Wasir Jika Anda Alami Gejala-Gejala Ini 1,
wikipedia.org

Di samping gejala-gejala wasir atau ambeien tersebut di atas, pemicu-pemicu dari penyakit wasir ini juga sangat penting untuk diketahui. Ada beberapa faktor pemicu penyakit wasir, antara lain konstipasi atau sembelit, obesitas, diare berkepanjangan, akibat penuaan, sampai hubungan seksual yang tidak wajar. Jika pendarahan akibat penyakit wasir terjadi secara terus-menerus maka biasanya Anda akan diberikan obat-obatan.tetapi jika gejala yang timbul adalah rasa gatal di sekitar anus, maka cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan krim-krim jenis topikal. Namun jika gejala pendarahan terus-menerus terjadi walaupun sudah diberikan obat-obatan maka Anda harus menjalani pembedahan. Pembedahan untuk wasir hanya dilakukan pada tingkat stadium 4 dengan benjolan keluar dan tidak bisa masuk dengan sendirinya ataupun dengan bantuan tangan.
Waspadai Wasir Jika Anda Alami Gejala-Gejala Ini | Pintu Sehat21 | 5