Tiga Aturan Makan Mangga Bagi Penderita Diabetes

Walaupun kandungan gulanya tinggi, namun penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi buah mangga dengan 3 aturan di bawah ini
Bagi para penderita diabetes, memang diharuskan untuk selalu hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Kalau sudah kecolongan memakan sesuatu yang seharusnya dihindari karena mengandung gula yang sangat tinggi, maka bisa berabe semuanya. Yang akan terjadi selanjutnya adalah tubuh kita akan menanggung akibatnya. Seperti kita ketahui, mangga adalah salah satu buah yang mengandung kalori dan gula yang tinggi. Bagi orang yang gulanya normal, buah mangga ini sangat baik untuk dikonsumsi, karena mengandung serat tinggi, vitamin A, vitamin B6, vitamin E, vitamin K dan antioksidan. Walaupun kandungan gulanya tinggi, namun penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi buah mangga dengan 3 aturan di bawah ini.

1. Jangan makan melebihi jumlah yang dianjurkan oleh dokter.

Menurut Dr Anil Bhroskar, pakar diabetes dari SL Raheja Hospital, penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi setengah buah mangga setiap harinya. Jadi boleh makan mangga sekedar untuk menghilangkan rasa kepingin saja, asal tidak boleh melewati apa yang dikatakan oleh dokter ahli diabetes tersebut.


2. Jangan mengkonsumsi buah mangga dengan cara dibuat jus

3. Setidaknya ada jarak sekitar satu jam antara makan nasi dengan mengkonsumsi buah mangga.

Itulah apa kata dokter ahli diabetes, tentang cara terbaik untuk mengkonsumsi buah mangga bagi para penderita diabetes. Tentunya akan sangat bijaksana untuk paling tidak dijadikan referensi dalam pola makan para penderita diabetes. Dan sebagai tambahan, masih dari Dr Anil Bhroskar yang menyarankan agar kita memeriksa kadar gula darah kita setelah mengkonsumsi mangga. “Jika kadar gula darah melebihi 25%, maka jangan mengkonsumsi lagi buah mangga tersebut”.
Tiga Aturan Makan Mangga Bagi Penderita Diabetes | Pintu Sehat21 | 5

0 komentar: