Penyebab Wasir Yang Harus Kita Ketahui


Setiap orang mempunyai potensi atau resiko terkena penyakit wasir, tetapi resiko akan menjadi lebih besar dari orang lain, jika orang tersebut keluarganya (orang tua) mempunyai riwayat penyakit wasir atau ambeien, mengabaikan segala sesuatu yang berpotensi sebagai penyebab penyakit wasir. Dan yang terakhir adalah kebanyakan dari penderita wasir meremehkan penyakit ini, memandang tidak penting. Mereka tidak melakukan pencegahan dini atau bahkan pengobatan dini. Mereka umumnya merasa malu untuk berobat karena sakit yang dideritanya sakit wasir, dan yang lebih disayangkan lagi mereka juga beranggapan bahwa penyakit wasir tidak lah berbahaya sehingga tidak perlu perhatian khusus untuk penanganannya. Akibatnya adalah penyakit tersebut akhirnya naik statusnya menjadi penyakit wasir akut.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab wasir :

  • Sembelit, Konstipasi atau susah buang air besar yang sering terjadi dalam jangka waktu yang lama (menahun, istilahnya). Konstipasi sering terjadi pada perempuan hamil, karena perubahan hormonal pada yang bersangkutan.

  • Faktor keturunan. Sebenarnya untuk penyebab wasir yang satu ini tidak serta merta yang bersangkutan pasti bisa terjangkit. Faktor ini akan terabaikan jika yang bersangkutan jauh dari faktor-faktor penyebab wasir lainnya.

  • Karena adanya peregangan yang sering terjadi, misalnya saja yang bersangkutan sering melakukan hubungan sexual tak wajar (anal sex).

  • Terlalu banyak duduk

  • Karena penyakit tertentu yang penderitanya terpaksa sering mengejan misalnya menderita pembesaran pada prostat (kanker prostat), dan terjadinya penyempitan saluran kemih.

  • Sering angkat beban berat yang melampaui kemampuan yang bersangkutan tanpa melalui latihan. Hal ini akan menekan pembuluh darah sekitar anus, yang dapat menjadi sebab timbulnya hemoroid (wasir).


Penyebab Wasir Yang Harus Kita Ketahui, Penyebab Wasir Yang Harus Kita Ketahui1, Penyebab Wasir Yang Harus Kita Ketahui 2
pixabay.com

Penyakit wasir memang tidak sampai menjadi ancaman serius yang dapat menimbulkan kematian seseorang. Tetapi alangkah baiknya untuk mencegah dan mengantisipasi agar wasir tidak sampai mengganggu aktifitas kita. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab wasir, maka diharapkan kita bisa lebih hati-hati dan jauh dari penyakit wasir. Hidup sehat adalah dambaan setiap insan. Semoga bermanfaat.
Penyebab Wasir Yang Harus Kita Ketahui | Pintu Sehat21 | 5