6 Bahan Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

6 Bahan Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat
Seperti yang telah kita ketahui bahwa kolesterol jahat atau  LDL (Low Density Lipoprotein) sangat berperan dalam meningkatkan resiko kita terkena serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan naik dan turunnya kadar kolesterol dalam tubuh kita khususnya kolesterol jahat atau LDL, salah satunya adalah dengan mengetahui bahan makanan apa saja yang berpengaruh terhadap naik dan turunnya kadar kolesterol jahat tersebut.

 Kali ini kita akan menyajikan 4 bahan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low density ipoprotein) dengan efektif.

1. Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi Kacang dapat melawan penumpukan kolesterol jahat atau LDL. Beberapa penelitian membuktikan bahwa efek menurunkan LDL dalam kacang terkait dengan profil asam lemak yang dimiliki kacang itu sendiri. Dengan mengkonsumsi kacang sekitar 28 gr lima kali dalam satu minggu dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular yang signifikan. Kacang lentit dan kedelai termasuk dalam kategori ini.

2. Makanan Kaya Serat

Makanan yang kaya serat ini sebagian besar adalah buah-buahan, diantaranya adalah apel, jeruk, strawbery, anggur, avokat, anggur merah (mengenai buah anggur merah ini sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah ini sangat baik untuk kesehatan karena dapat menaikkan kolesterol baik sekaligus juga membantu menurunkan kolesterol jahat).

3. Teh Hijau

Teh hijau ini pada sudah sangat pupuler khasiatnya khususnya di daratan Tiongkok, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Para peneliti mengatakan bahwa teh hijau ini mempunyai beberapa khasiat di antaranya adalah untuk meningkatkan kemampuan otak kita, memerangi penyakit kanker dan akhir-akhir ini juga dikaitkan khasiatnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Tetapi sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengkonsumsi teh hijau ini, khususnya bagi kita yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun (Olive Oil) adalah minyak yang di dapat dari buah zaitun. Di samping dapat digunakan untuk bahan bakar (lampu), memasak, kosmetik dan sabun, khasiat dari minyak zaitun sudah banyak dikenal oleh banyak kalangan. Mengkonsumsi minyak zaitun bukan saja dapat menurunkan kolesterol jahat, tetapi juga sekaligus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang diakibatkan oleh nutrisi yang dikandung oleh minyak zaitun ini.

5. Bawang Putih

Umumnya orang mengenal bawang putih ini sebagai bumbu masak karena hampir semua masakan kita tidak bisa lepas dari yang namanya bawang putih ini. Tapi dari beberapa penelitian bawang putih ini diketahui bahwa bawang putih ini dapat membantu melawan oksidasi kolesterol LDL (low density lipoprotein), yang mana LDL yang teroksidasi dapat mempercepat disfungsi vaskular.

6. Ikan 

Mengkonsumsi Ikan dapat dijadikan pilihan sebagai pengganti daging. Kalau daging malah dapat menaikkan kolesterol jahat tetapi tidak untuk daging ikan. Daging ikan sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita. Ikan Salmon, Tuna atau Sarden adalah pilihan terbaik, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada ikan tersebut dapat membantu melindungi jantung kita

sumber : wikipedia, kompashealth, berbagai sumber

6 Bahan Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat | Pintu Sehat21 | 5

0 komentar:

Posting Komentar