Apa Sih Kanker Itu?


Kita sering mendengar tentang penyakit kanker. Kalau orang menyebut penyakit kanker, seakan sudah identik dengan tinggal menunggu waktu kematian saja (padahal kita semua juga sedang menunggu kematian ya). Itulah persepsi yang umum beredar di masyarakat kita, yang pada kenyataan tidak seluruhnya benar. Karena kanker disamping ada yang ganas juga ada kanker yang jinak. Kalau kanker jinak, itu masih bisa disembuhkan. Kanker yang ganas pun sebenarnya juga bisa sembuh kalau Allah menghendaki sembuh (jangan berkecil hati).  Penyakit kanker ada beberapa jenisnya, seperti kanker payudara, kanker hati, kanker kulit, kanker leher rahim, kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker otak. 
Apa Sih Kanker Itu? 2
Tubuh manusia terdiri atas jutaan sel yang secara teratur berkembang dan membiakkan diri. Sel-sel inilah yang nantinya menggantikan sel-sel lama yang sudah tidak berfungsi secara normal (rusak). Setiap organ yang ada dalam tubuh kita memiliki bentuk sel yang khas. Oleh karen itu agar tidak terjadi kesalahan dalam penggantian sel yang mati atau, tubuh mempunyai mekanisme sendiri yang mengatur pembentukan sel-sel baru agar memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan sel yang digantikannya. Ini berarti pada orang dewasa jumlah sel yang baru sama dengan sel yang mati.

Pada penderita kanker, terjadi gangguan mekanisme yang mengakibatkan sel-sel tubuh membagi diri secara liar. Sel-sel baru ini juga mempunyai bentuk yang tidak normal. Karena cepatnya dalam pembentukan sel baru lebih besar dari kebutuhan tubuh, maka akan terjadi kelebihan sel yang lama kelamaan akan membentuk tumor atau tumbuhan di dalam tubuh kita.

Peristiwa perubahan sel normal menjadi sel kanker disebut karsinogenesis. Adapun segala sesuatu yang menimbulkan perubahan tersebut dinamakan penyebab kanker atau disebut juga dengan karsinogen.

sumber : Majalah Intisari
Apa Sih Kanker Itu? | Pintu Sehat21 | 5