Tips Antisipasi Penyimpangan Seksual Pada Anak


Anak adalah segalanya bagi orang tua, begitulah ungkapan yang sangat banyak diiyakan oleh masyarakat pada umumnya. Tentunya ungkapan tersebut hanyalah representasi dari tanggung jawab orang tua akan masa depan anaknya. Masa depan yang diharapkan akan jauh lebih baik daripada yang sudah diraih orang tua itu sendiri, baik dari segi kesejahteraan, pekerjaan dan pendidikan. Sesuatu yang terjadi pada anak yang tidak sesuai dengan harapan orang tua, tentunya sangat menyedihkan bagi orang tua. Sebagai misal, jika anak kita mengalami penyimpangan seksual dalam kehidupannya, tentunya orang tua akan merasa sangat sedih atas keadaan yang menimpa pada anaknya tersebut. Penyimpangan seksual pada anak tentunya sangat mengkhawatirkan para orang tua. Adakah cara untuk mengantisipasinya?

Tips Antisipasi Penyimpangan Seksual Pada Anak 2

Berikut ini adalah tips-tips untuk mengantisipasi penyimpangan seksual pada anak :

-  Derasnya informasi dan komoditas seks baik lewat TV, internet maupun majalah membuat orang tua perlu mengimbanginya dengan pengetahuan tentang seksualitas secara benar, agar anak tahu bagaimana bersikap dan bergaul di lingkungannya. Banyak pelaku penyimpangan seks mengakui mereka terjebak dalam kondisi itu karena mendapat informasi yang tidak benar.
 
-  Berikan pengetahuan reproduksi yang sehat baik secara jasmani, rohani dan sosial agar anak tahu bagaimana memelihara dan menjaganya dengan baik.

-  Setelah si kecil berusia 10 tahun, pisahkan tempat tidur dari kakak/adiknya yang beda jenis kelaminnya. Hal ini untuk menghindarkan anak melihat daerah pribadi saudara atau orang tuanya yang terbuka secara tidak sengaja.

-  Perkenalkan perbedaan jenis kelamin dan batas-batas pergaulannya sesuai norma agama dan budaya. Meski bersaudara, terapkan aturan larangan masuk tanpa izin terlebih dahulu.

-  Bila mulai ada penyimpangan perilaku, lakukan pendekatan positif. Berikan pujian bila yang dilakukannya boleh saja dilakukan tapi tegaskan mana yang sebaiknya dilakukan. 

-  Beikan tugas dan kegiatan yang dapat membantu mendisiplinkan diri. Sebaiknya kegiatan yang menggunakan fisik seperti olah raga. Jangan segan dampingi dan mengarahkan kegiatan anak.

-  Luangkan waktu untuk mengajarkan pada anak segala sesuatu yang harus dan tak boleh dikerjakannya. Kalau si anak mampu mengerjakannya dengan baik, beri pujian atau hadiah.

-  Bila upaya anda belum memberikan hasil yang diinginkan, bahkan terjadi penolakan, hentikan usaha anda dan alihkan pada kegiatan lain yang lebih mereka sukai.

-  Pahamilah perubahan sekecil apapun pada anak, agar anda tidak keliru mengambil sikap yang malah bisa merusak perkembangan mental si anak.

-  Bila anda merasa tak sanggup membantu masalah penyimpangan ini, konsultasikan dengan para pakar seperti kyai, psikolog atau psikiater.

sumber : Majalah Kartini
Tips Antisipasi Penyimpangan Seksual Pada Anak | Pintu Sehat21 | 5

0 komentar:

Posting Komentar