Manfaat Menangis Yang Tidak Boleh Diremehkan

Tangisan adalah suara pertama yang keluar dari seorang bayi ketika pertama kali menghirup udara kehidupan di luar kandungan. Dan tangisanlah yang menjadi ungkapan seorang bayi ketika ia mengalami hal yang menyebabkan ia merasa tidak nyaman, seperti ketika ia merasa kelaparan, kehausan, atau kesakitan. Seiring bertambahnya usia seseorang, kebiasaan menangis ini menjadi semakin berkurang. Bahkan ada beberapa orang yang berpendapat jika seorang yang sudah dewasa menangis sebagai orang yang cengeng, orang yang lemah dan tidak tahan banting. Benarkah?
Manfaat Menangis Yang Tidak Boleh Diremehkan, Manfaat Menangis Yang Tidak Boleh Diremehkan2

Beberapa ahli kejiwaan menangis itu perlu dan diperlukan. Tidak perlu malu untuk menangis. Menangislah selagi kita masih bisa menangis. Karena sejatinya aktifitas menangis ini mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, jiwa kita serta pikiran kita.
Lalu apa saja sih manfaat dari aktifitas menangis ini?

Mengurangi Beban Stress

Menangis mempunyai kualitas nilai yang sangat bagus dalam hal mengurangi beban strees seseorang. Ini bisa dibuktikan dari pengalaman kita sendiri, yang kadang kita tidak pernah pedulikan. Mungkin untuk waktu yang akan datang jikalau kita habis menangis, kita dapat merasakan betapa berbedanya beban stress sebelum dan sesudah menangis. 

Membuang Racun

Menurut William H. Frey II, menangis adalah salah satu proses eksokrin (exocrine process) yaitu suatu proses di mana suatu zat keluar dari dalam tubuh, seperti menghembuskan nafas, berkeringat, buang air kecil, buang air besar dan menghembuskan nafas. Dalam hal ini menangis merupakan pembuangan air mata,  yang mana air mata itu ternyata mengandung racun di dalamnya. Racun yang ada dalam air mata akan menjadi berbahaya jika mengendap terus menerus. Dan dengan menangis maka air mata yang mengandung racun tersebut akan terbawa keluar yang akan berdampak positif pada kesehatan mata kita.

Membunuh Bakteri

Menangis dapat membunuh bakteri? Tentu saja bukan menangis-nya yang dimaksud. Tetapi air mata yang kita keluarkan itulah yang memberantas bakteri di mata kita. Karena menangis tidak bisa dipisahkan dari air mata. Air mata itu mengandung lysozyme, yang mampu membunuh 90% bakteri yang dilaluinya. Lysozyme sendiri adalah protein dasar yang ada dalam air mata, juga di air liur, putih telur, dan banyak cairan hewan yang berfungsi sebagai enzim antibakteri (medical dictionery)

Membuat Mood Lebih Baik

Orang yang habis menangis pasti yang tersisa adalah perasaan lega, daya pikir yang lebih rasional dan mempunyai sensitivitas yang lebih baik.

Itulah tiga manfaat yang paling utama dari yang menangis

Dari berbagai sumber, gambar dari commons wikimedia.org
Manfaat Menangis Yang Tidak Boleh Diremehkan | Pintu Sehat21 | 5

0 komentar:

Posting Komentar