Cara Mengatasi Bayi Rewel Dan Dapat Segera Tertidur

Jangan dianggap remeh pekerjaan mengurus bayi, apalagi bagi seorang ibu yang baru pertama kalinya mempunyai anak. Akan banyak sekali pekerjaan yang akan tersita atau tertunda karena banyaknya waktu untuk urusan yang satu ini. Apalagi jika sang bayi sering rewel dan sulit tidur, maka bisa kita bayangkan berapa waktu sang ibu untuk selalu berada di sisi sang bayi, agar sang bayi tidak rewel atau menangis. Apa jadinya jika hal tersebut tidak bisa diantisipasi? Penting sekali untuk memahami karakter bayi kita. Kira-kira apa dan bagaimana bayi kita akan merasa nyaman dan dapat segera tidur dengan pulas.

Untuk dapat memahami karakter bayi kita, kita dapat membuat ujicoba yang nantinya akan kita pakai sebagai standar perlakuan terhadap bayi kita jika sedang rewel atau mengalami sulit tidur. Ada beberapa hal yang sangat perlu untuk kita ketahui ketika bayi kita bisa diam dari rewel atau menjadi lebih nyaman keadaannya sehingga dapat membuat dia dapat tertidur pulas. Di antaranya :

Untuk dapat memahami karakter bayi kita, kita dapat membuat ujicoba yang nantinya akan kita pakai sebagai standar perlakuan terhadap bayi kita jika sedang rewel atau mengalami sulit tidur. Ada beberapa hal yang sangat perlu untuk kita ketahui ketika bayi kita bisa diam dari rewel atau menjadi lebih nyaman keadaannya sehingga dapat membuat dia dapat tertidur pulas. Di antaranya :

Tempat 
Pasti ada beberapa tempat atau bagian yang ada di rumah kita yang dapat membuat bayi kita merasa nyaman atau pun sebaliknya. Kita perlu mencoba cari tahu, dengan cara berpindah-pindah menggendong atau menempatkan bayi kita dari satu tempat ke tempat lainnya. Dan tempat mana yang paling disukainya atau membuat dia nyaman, dan hal ini bisa kita ketahui dari dia berhenti menangis. Setidaknya selama satu minggu, kita akan bisa tahu, tempat atau bagian dari rumah kita yang dapat membuat bayi kita merasa nyaman. Misalnya saja, bagian rumah dekat pintu, di bawah jendela, atau lebih ke dalam jauh dari suasana luar rumah.

Suara
Kenali suasana yang paling dapat membuat nyaman bayi kita, dalam hal ini suara yang ada di sekitar kita, kira-kira apa saja. Semisal musik klasik, pop atau keroncong, suara yang kita senandungkan seperti lantunan ayat-ayat suci, atau sholawatan misalnya, atau bahkan bisa juga kesunyianlah yang paling disukai oleh bayi kita. Dari pengalaman admin pribadi, musik yang disenangi oleh bayi kita biasanya tidak jauh-jauh amat dari selera musik kita sebagai orang tuanya.

Perlakuan
Bayi kadang senang mendapatkan perlakuan tertentu terhadapnya. Masing-masing bayi berbeda tentunya perlakuan apa yang dapat membuatnya nyaman. Ada yang senang dipegang tangannya, sebagai isyarat bahwa kita akan selalu mendampinginya. Ada yang senang ditepuk-tepuk bokongnya yang mengisyaratkan bahwa semuanya baik-baik saja. Ada juga yang senang di elus-elus kening atau kepalanya. Ini bisa kita coba satu persatu, kira-kira tindakan apa yang paling dapat membuat nyaman bayi kita.

Pada kasus tertentu bayi menangis tak seperti biasanya, menjadi-jadi. Ditangani seperti biasanya tidak mempan bahkan tambah parah menangisnya. Hal ini akan sangat membingungkan atau bahkan dapat membuat panik kita sebagai orang tua. Apalagi jika yang mengalami hal tersebut adalah orang tua yang baru mempunyai anak. Hal seperti ini dalam beberapa kasus terjadinya di malam hari.  Kira-kira apa yang harus dilakukan? Jika hal seperti itu yang terjadi, sebagai langkah pertama bisa anda coba, khususnya bagi yang beragama Islam. Lakukan untuk berwudhu lalu do’a seperti biasanya do’a sehabis berwudhu. Baca Al-Fatihah dikhususkan untuk bayi kita, lalu usapkan air wudhu yang masih tersisa di tangan dan di wajah kita ke kepala dan wajah anak kita, tentunya dengan niat semoga dapat membuat bayi kita tenang dan damai berhenti dari menangis. Jika hal tersebut sudah dilakukan tetapi masih juga tidak berhenti menangisnya, anda bisa segera minta tolong kepada orang yang lebih ahli dalam menangani hal seperti yang terjadi pada bayi anda.

Demikian beberapa tips cara membuat bayi kita berhenti dari rewel dan dapat segera tertidur. Semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Bayi Rewel Dan Dapat Segera Tertidur | Pintu Sehat21 | 5

0 komentar:

Posting Komentar