6 Tafsir Mimpi Yang Berhubungan Dengan Air

Anak sungai

Anak sungai yang memungkinkan orang tidak akan tenggelam di dalamnya. Ini mempunyai penafsiran yang sama dengan sungai, kecuali dari itu juga adalah : kehidupan yang bagus dan kegembiraan, entah anak sungai itu untuk umum atau tidak. Juga sama jika mimpi melihat air yang mengalir dari dalam rumah, pertanda kehidupan yang bagus. Dengan catatan tidak tawar dan tidak juga terbit (bersumber).
6 Tafsir Mimpi Yang Berhubungan Dengan Air

Mata air

Sedang mata air yang memancar dari dalam rumah, entah itu dari tembok atau dari tempat yang sekiranya  orang tidak menginginkannya, mempunyai tafsiran ;  kegelisahan, kesedihan, dan ketakutan bagi penghuniya. Hal ini menurut kadar kuat dan lemahnya mata air yang terlihat dalam mimpi. Karena demikian, katika air tersebut banyak, maka besarlah musibahnya, dan apabila airnya keruh, maka masalahnya sangat rumit.

Minum air

Minum air dari mata air : duka dan kegelisahan, menurut kadar dari minumnya tersebut. Berwudlu atau mandi di mata air atau pancuran mempunyai tafsir kebajikan dalam keadaan susah dan gelisah (hikmah), pun juga urusan yang terpuji. Jika sedang dalam gelisah, Allah akan membuatnya gembira. Jika berhutang, Allah akan membuatnya mampu membayarnya. Jika punya dosa, Allah akan menghapusnya. Dan jika sedang sakit, Allah akan menyembuhkan, sebagaimana kisahnya nabi Ayyub as.

Minum air jernih dan tawar, dan tidak tahu kira-kiranya, dan juga merasa tidak sedang dalam keadaan suci,  bepergian, atau berada di tempat yang rahib ; kehidupan yang jernih dan bagus. Jika airnya keruh ; tertimpa sakit. Dan jika airnya tidak tawar ; maka begitulah nilai hidup dan penghidupannya

Bejana

Membawa bejana berisi air, sedang ia dalam keadaan suci, bepergian atau ada di tempat yang tidak dikenali, adalah gambar mengenai umur dan hidupnya. Jika air dalam bejana tersebut diminum secara keseluruhan ; umurnya telah habis. Jika masih ada sisa ; umurnya masih tersisa, menurut kadar seberapa sisa air tersebut.
Mimpi melihat nejada terbuat dari kaca (gelas) dan berisi air, maka gelas pertanda perempuan dan air pertanda anak. Menyiram kebun atau pohon ; memperoleh kepuasan dalam bersenggama dengan isteri. Menyiram pohon tersebut dan kemudian berbuah dan berdaun ; isterinya dikaruniai anak. Melihat seakan-akan kebun dan tanamannya disiram orang ; tidak ada kebaikan.

Berwudlu atau mandi dengan sesuatu yang cair, yang kira-kira digunakan untuk berwudlu atau mandi tidak mencukupi, seperti air susu, arak, minyak, atau benda cair lain selain air. Menggambarkan urusan yang digeluti adalah urusan duniawi dan agama yang tidak sempurna, yang berarti urusan yang tidak sempurna, kecuali dari itu terlalu mudah dan ringan. Dengan demikian halnya mimpi sholat dan tidak sempurna. Namun jika wudlu atau mandi itu sempurna, tertanda suci dari berbagai macam dosa.

Lumpur

Menggambarkan duka,sedih dan ketakutan, menurut kadar seberapa banyak lumpur itu menimpa. Demikian juga air yang dipanaskan. Mimpi ketumpahan air hangat ; memperoleh duka dan kegelisahan dari seorang pejabat. Dan jika air teramat panas, berarti duka itu yang teramat sangat, bahkan juga berarti keterkejutan dan sakit.

Pemandian

Menggambarkan tentang duka dan kegelisahan, menurut kadar dan kuatnya, yang sebagian besar datang dari wanita. Namun hal itu hilang dengan segera, hal ini melihat sedikit berdiam di pemandian tersebut.
Mimpi kencing di tempat mandi atau cukur dengan kapur ; pertanda impian yang baik. Bila sedang dalam kegelisahan, kesusahan, ketakutan atau sakit, maka pertanda akan terbebas dari itu semua. Dan jika tidak satupun hal itu ada, tingkah lakunya berubah dan hartanya berkurang.

Bila dalam hal ini melihat yang terkuat dan yang lemah, yaitu sesuatu yang berbeda-beda, maka penafsirannya adalah diambil dari yang lebih kuat serta meninggalkan yang lemah-lemah. Karena, pemandian adalah gambaran mengenai duka cita dan kesusahan. Maka penafsiran untuk kapur ini lebih kuat daripada pemandian. 

Sumber : Kitab Tafsir Mimpi Karya "Ibnu Sirin"
Image : Wikipedia.org 
6 Tafsir Mimpi Yang Berhubungan Dengan Air | Pintu Sehat21 | 5