7 Manfaat Makan Telur

Manfaat makan telur bagi tubuh kita apa saja sih? Berikut adalah  rangkuman manfaat makan telur yang kita rangkum menjadi 7 poin
Telur adalah salah satu makanan yang paling populer dan disukai masyarakat. Disamping mudah untuk mendapatkannya juga harganya yang terjangkau bagi orang kebanyakan. Dan salah satu dari keistimewaan dari telur ini adalah dapat dikombinasikan dengan makanan lainnya, serta variasi cara mengolahnya yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing anggota keluarganya. Sebut saja misalnya, bisa diolah sebagai telur dadar, telur ceplok, telur rebus, bregedel tahu-telur, telur asin, telur bacem dan lain-lain. Dan manfaatnya yang tidak boleh diremehkan.

Manfaat makan telur bagi tubuh kita apa saja sih? Berikut adalah  rangkuman manfaat makan telur yang kita rangkum menjadi 7 poin :

1. Telur adalah makanan bergizi

Meskipun ukurannya relatif kecil, telur mengandung banyak nutrisi dan dapat menjadi makanan pokok yang penting dalam diet seimbang.

Satu telur rebus besar memiliki sekitar 77 kalori dan mengandung: Vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6,Folat, Fosfor, Selenium, Seng, Kalsium dll.

 “Telur adalah sumber protein yang baik (baik putih / kuning telur). Mereka juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan merupakan sumber nutrisi penting, seperti vitamin B6, B12, dan vitamin D, ”kata Kurt Hong, MD, profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine USC.

2. Telur meningkatkan kolesterol baik

Mengonsumsi telur menyebabkan peningkatan kadar high-density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol "baik". Orang yang memiliki kadar HDL lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Menurut sebuah penelitian, makan dua telur sehari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

3. Mengandung kolin

Kolin adalah vitamin yang larut dalam air yang sering dikelompokkan dengan vitamin B. Ini digunakan untuk membangun membran sel dan membantu menghasilkan molekul pensinyalan di otak. Satu telur rebus mengandung sekitar 147 mg kolin, yang merupakan 27% dari nilai harian yang direkomendasikan oleh Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA).

4. Telur membantu menjaga penglihatan Kita

Seiring bertambahnya usia, kita perlu merawat mata kita dengan lebih baik. Kuning telur mengandung sejumlah besar lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di mata. Telur juga tinggi vitamin A, yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Mengandung Omega-3

Omega-3 membantu mengurangi trigliserida, yang merupakan jenis lemak lipid dalam darah. Itulah sebabnya makan telur yang diperkaya Omega-3 dapat menjadi pilihan, terutama jika Anda tidak menikmati makanan lain (ikan, kacang-kacangan, biji-bijian) yang secara alami kaya akan Omega-3. (Jika tingkat trigliserida Anda di bawah 150, Anda baik-baik saja; 150-199 adalah batas tinggi; 200-499 tinggi; dan 500 ke atas dianggap sangat tinggi.)

6. Mengandung cukup protein dan asam amino

Mendapatkan cukup protein dalam diet kita adalah cara penting untuk membantu kesehatan tubuh kita. Setiap telur mengandung sekitar enam gram protein serta asam amino bermanfaat. Mendapatkan porsi protein kami untuk hari itu dapat membantu dengan manajemen berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan kenikmatan darah dan membantu tulang kita.

7. Baik untuk jantung

Meskipun apa yang diyakini dalam beberapa dekade sebelumnya, tidak ada hubungan langsung antara konsumsi telur dan penyakit jantung atau stroke. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes yang makan telur meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan makan telur memiliki peluang lebih kecil terkena penyakit jantung.

7 Manfaat Makan Telur | Pintu Sehat21 | 5